JIZO, PATUNG PELINDUNG JIWA ANAK-ANAK

Apakah mina-san sudah pernah menonton salah satu film dari Studio Ghibli yang berjudul “My Neighbor Totoro”? Jika sudah, mina-san mungkin menyadari bahwa di beberapa adegan, terdapat sosok patung dalam latar ceritanya. Apakah mina-san mengetahui patung apakah sebenarnya itu?

Patung tersebut bernama patung Jizo. Patung ini biasa ditemukan di area kuil dan pemakaman. Patung Jizo diyakini sebagai pelindung bagi anak-anak yang tidak sempat lahir atau telah meninggal dunia. Dalam mitologi Buddha, anak-anak yang meninggal di usia sangat muda dipercaya tidak bisa menyeberangi Sungai Sanzu, yakni sungai yang harus diseberangi oleh orang-orang mati sebelum mencapai akhirat. Hal ini diyakini karena kesedihan orang tua anak tersebut. Umur yang pendek juga membuat anak-anak ini tidak sempat berbuat banyak amal baik selama hidupnya untuk sampai ke akhirat.
Penganut Buddha mempercayai bahwa Jizo mengembara di tepi sungai sambil menyembunyikan para bayi atau anak-anak di balik lengannya, agar mereka tidak mesti melewati api penyucian yang berisi setan dan hantu. Patung Jizo sering terlihat mengenakan pakaian hangat dengan harapan bahwa Jizo akan melakukan hal yang sama untuk anak mereka yang belum lahir atau meninggal. Pakaian hangat yang dipakaikan ke patung Jizo biasanya berwarna merah sebagai simbol keselamatan dan seperti bayi yang baru lahir. Menurut mitos yang beredar di masyarakat Jepang, patung Jizo dapat menghilang dan berpindah secara tiba-tiba tanpa disadari. Jadi, kita tidak bisa mendapatkan jumlah yang sama saat menghitungnya lagi di kesempatan-kesempatan berikutnya.
Source: liputan6.

Para orangtua yang berduka biasanya meninggalkan mainan, permen, dan persembahan lainnya di dekat patung Jizo. Terkadang, menara batu kecil juga didirikan di samping patung Jizo agar bisa mengurangi penderitaan anak-anak yang telah meninggal itu. Wanita yang mengalami kesedihan karena keguguran, dipercaya dapat mencari ketenangan dengan mengunjungi patung Jizo. Tradisi ini biasa dilakukan di kuil dan di rumah penduduk Jepang secara pribadi. Para traveller, pengunjung, ataupun penduduk lokal juga dapat mendatangi patung Jizo untuk memohon keamanan dalam perjalanan dan keselamatan bagi anak-anaknya yang telah meninggal.
Makna dari keberadaan patung Jizo ini cukup mendalam ya, mina-san!

REFERENSI:
https://ghibli.fandom.com/wiki/Jiz%C5%8D_Statue
https://www.japantrips.co/blog/2019/07/warabe-jizo-patung-imut-yang-jadi-pelindung-jiwa-anak-anak
https://kumparan.com/kumparantravel/di-jepang-ada-ritual-khusus-menghibur-wanita-yang-mengalami-keguguran-1rl3BbAyUDy
https://kumparan.com/kumparantravel/di-jepang-kamu-bisa-temukan-dewa-pelindung-anak-anak-dan-traveler-1545979735961685252
https://www.liputan6.com/global/read/3619056/foto-jizo-patung-pelindung-anak-anak-yang-telah-meninggal-di-jepang?page=1
https://republika.co.id/berita/ojp28w328/jizo-patung-penghibur-wanita-keguguran-jepang