KUIL SANJUSANGENDO PENYIMPAN 1001 PATUNG PASUKAN KANNON

Kuil Sanjusangendo adalah permata Jepang yang terkenal dengan banyak patung Kannon, atau Dewi Pengasih. Di dalamnya ada aula kayu terpanjang di Jepang, dengan patung berukir yang dipajang. Areanya membangkitkan ketenangan di antara berbagai bangunannya yang rapi. Sebuah situs duel pedang, panahan, dan menembak bersejarah, Kuil Sanjusangen menarik baik turis biasa maupun mereka yang memiliki minat nyata pada sejarah. Di sini Anda bisa mengagumi kecerdasan pematung Jepang dari zaman kuno.

Jelajahi lobi utama, dengan tinggi 120 meter yang merupakan bangunan kayu terpanjang di Jepang. Nama kompleks ini diambil dari banyaknya jeda antar pilar yang menopang struktur yang panjang. Ini adalah cara tradisional untuk mengukur panjang sebuah bangunan di Jepang.

Ada ribuan altar di Jepang. Kuil Sanjusangen-do menarik. Kuil ini adalah altar bagi penganut Buddha dari sekte Tendai yang datang ke Jepang sekitar tahun 806. Kuil Sanjusangen-do dibangun pada tahun 1164 oleh Taira no kiyomori, seorang pemimpin militer di akhir era Heian. Dia memberikan altar ini kepada Kaisar Go Shirakawa karena kemiripannya.

Daya tarik utama dari kuil ini adalah adanya patung Kannon Band dengan jumlah total 1001 buah patung yang berada di lobi kuil ini. Sebagian besar patung ini juga berasal dari periode Heian dan Kamakura.

Habiskan sore hari dengan memeriksa 1.001 patung Dewi Pengasih Kannon. Di tengah ruangan besar ada versi besar dewi, sementara deretan patung seukuran manusia berjejer di kedua sisi. Konon dewi ini memiliki 1.000 lengan dan 11 kepala, meski sosok itu sebenarnya hanya memiliki satu kepala dan 42 lengan. Patung-patung itu diukir dengan kayu cemara dari abad ke-13.

Jelajahi halaman kuil dengan kolam renang dan air mancur yang tenang. Sentuhan alam dengan pepohonan hijau dan semak-semak yang menghiasi taman. Jalan-jalan di kompleks untuk menemukan ketenangan dan keanggunan.

Kuil yang awalnya dibangun pada 1164 ini harus dibangun kembali setelah beberapa kali kebakaran. Pada abad ke-17, tempat ini terkenal dengan duel pendekar pedang. Kompetisi memanah diadakan di kuil.

Altar ini terletak di distrik Higashiyama di timur laut Kyoto dan ada banyak altar indah di dekatnya. Naik bus dari Hakubutsukan ke Sanjusangendo-mae. Anda dapat dengan mudah mencapai Stasiun Kyoto menggunakan beberapa bus berbeda. Altar hanya beberapa menit berjalan kaki dari Stasiun Shichijo di Jalur Kereta Bawah Tanah Keihan. Museum Nasional Kyoto berada di dekatnya.

Nah apakah kalian ertarik untuk mengunjungi kuil Sanjusangendo ini?

 

Sumber:

https://www.indozone.id/fakta-dan-mitos/WYsYAA/kuil-sanjusangendo-dan-1001-patung-pasukan-kannon/read-all

https://www.expedia.co.id/Kuil-Sanjusangendo-Higashiyama.d501459.Tamasya

Aldyanto Nugrahatama