PERAYAAN HANAMI, TRADISI JEPANG SAMBUT MEKARNYA BUNGA SAKURA

Hanami adalah tradisi Jepang dalam menyambut musim semi. Hanami merupakan singkatan dari “Hana wo miru”, Juga dikenal sebagai “festival bunga sakura”.

Hanami sudah lama berada di Jepang. Hanami adalah salah satu acara Musim Semi yang paling populer. kebiasaan ini sudah dijalankan sejak periode Nara, pada awalnya dulu orang jepang melakukan hanami dengan melihat bunga plum, namun pada periode Heian, bunga Sakura menjadi lebih menarik untuk dilihat dan dinikmati ketika melakukan Hanami.

 

Bunga sakura awalnya digunakan untuk mengecek hari berkumpul tahunan dan musim berkembangnya padi. Orang Jepang mempercayai Essence of God di pohon ceri dan memberikan kontribusi. Kemudian orang Jepang akan minum untuk merayakannya.

Hanami pada awalnya terbatas pada ujung atas kekaisaran, namun seiring berjalannya jaman Hanami atau festival bunga sakura ini dinikmati oleh seluruh orang.

perayaan ini dilakukan pada akhir bulan maret hingga bulan mei, dan berlangsung selama beberapa hari hingga berminggu-minggu.

ada beberapa jenis bunga sakura yang mekar ketika musim semi,

pertama ada Someiyoshino, yaitu jenis bunga sakura yang paling banyak terlihat di Jepang. Bunga ini merupakan jenis bunga sakura yang dikembangkan di Tokyo sekitar tahun 1860.

 

kedua adalahSatozakura. Bunga ini disebut juga Yaezakura karena kelopak bunganya yang bertumpuk-tumpuk. Dibandingkan dengan Someiyoshino, waktu mekar Satozakura lebih lambat. Untuk wilayah Tokyo dan sekitarnya diperkirakan akan mekar sekitar pertengahan hingga akhir bulan April.

dan yang terakhir adalah  Shidarezakura. Bunga ini mekar dalam keadaan batang cabangnya menggantung ke bawah. Bunga ini dapat tumbuh dalam jangka panjang, waktu mekarnya 1 bulan lebih cepat daripada Someiyoshino.

Nah kalau kalian mau melakukan tradisi Hanami ini, ada beberapa barang yang harus kalian persiapkan nih,

pertama, pasti kalian membutuhkan tikar untuk beristirahat sambil melihat pemandangan bunga sakura yang indah, biasanya tikar yang digunakan berwarna biru atau pink, karena dua warna tersebut sangat cocok dilihat bersama dengan bunga sakura yang sedang bermekaran.

kedua, pastinya kalian membutuhkan bekal  untuk dinikmati ketika melakukan tradisi hanami ini, isi bekal biasanya berisi makanan, snack, dan minuman, meskipun minuman tradisional yang menjadi pilihan hanami adalah sake, kalian juga bisa menggantinya dengan teh atau teh hijau

 

nah apakah kalian tertarik untuk menikmati suasana bunga sakura bermekaran di Jepang? kalau kalian tertarik kalian bisa mencoba nya langsung pada bulan maret akhir hingga mei awal di Jepang.

Aldyanto Nugrahatama