Purikura

Purikura, disingkat dari kata purinto kurabu – secara harfiah “klub cetak” – merujuk ke gerai foto Jepang yang sangat populer di kalangan pemuda Jepang. Suatu keharusan yang patut diperdebatkan bagi para wisatawan yang mengunjungi Negeri Matahari Terbit, perpaduan teknologi dan budaya kawaii ini ada di mana-mana di seluruh negeri.

Purikura adalah kegiatan yang populer di kalangan anak-anak sekolah Jepang dan orang dewasa muda, terutama anak perempuan, wanita muda dan pasangan muda.

Booth Purikura memungkinkan Anda mengambil foto digital dengan teman-teman Anda yang kemudian dapat Anda hias dengan layar sentuh dan stylus. Anda dapat menambahkan bingkai, perangko, kilauan (dalam beberapa mesin ini mencetak sebagai kilau nyata) dan Anda dapat menulis dan menggambar secara bebas dengan berbagai warna dan gaya pena.

Foto-foto Anda yang sudah selesai kemudian dicetak pada kertas stiker dalam beberapa salinan sehingga Anda dapat memotongnya dan membagikannya. Gambar Purikura sering digunakan untuk menghias alat tulis di sekolah tetapi Anda dapat menggunakannya di mana saja! Gadis-gadis muda terkadang menukar purikura lucu mereka satu sama lain.

  • Sejarah Purikura

Mesin purinto kurabu (プ リ ン ト 楽 部) pertama kali memulai debutnya di Jepang pada bulan Juli 1995, dan dikembangkan oleh perusahaan perangkat lunak game yang berbasis di Tokyo, Atlus. Mereka memulai sebagai mesin yang cukup mendasar yang hanya mengambil foto Anda dan menempatkan bingkai bergaya di sekitarnya, seperti bunga. Tidak lama sampai perusahaan game lain seperti Sega mulai mengembangkan mesin juga, dan mereka secara kolektif disebut purikura.

Sementara popularitas purikura secara teknis mencapai puncaknya di akhir 90-an, mereka telah menjadi bagian mana-mana dari budaya anak muda sejak konsepsi mereka. Meskipun konsep dasarnya tetap sama, mesin menjadi semakin canggih dengan kemajuan teknologi.

  • Di mana Anda bisa menemukannya?

Purikura dapat ditemukan di hampir setiap arcade di Jepang, di mana biasanya ada seluruh lantai yang didedikasikan untuk mesin yang berbeda. Mereka juga dapat ditemukan di taman hiburan, dan secara acak di berbagai tempat di seluruh negeri. Mereka biasanya berkisar antara ¥ 200 hingga ¥ 400, dan biasanya dan akan mencetak dua lembar foto untuk dibagikan dengan teman-teman.

Perlu dicatat bahwa karena purikura sangat diarahkan untuk audiens perempuan, kadang-kadang pria tidak akan diizinkan ke lantai yang berspesialisasi dalam mesin purikura kecuali jika mereka ditemani oleh seorang wanita.

  • Mengambil Foto

Saat Anda memasuki Booth purikura, di sana Anda diberi opsi untuk berbagai pose, latar belakang, dan gaya fotografi. Tetapi berhati-hatilah — penghitung waktu dimulai ketika Anda masuk, dan semuanya dalam bahasa Jepang, jadi Anda harus cepat! Sebagian besar booth telah di pasang green screen, jadi cobalah untuk tidak mengenakan sesuatu yang dapat menyatukan warnanya.

Setelah Anda memilih gaya foto dan latar belakang, Anda akan masuk ke posisi. Ini akan memberi Anda contoh pose yang menyenangkan, lucu dan trendi, tetapi Anda bebas untuk berpose sesuka Anda. Sebagian besar foto akan close up tetapi tergantung pada gaya apa yang Anda pilih, beberapa foto akan menjadi pemotretan seluruh tubuh.

  • Editing Fun

Vogueing dan vamping yang datang dengan sesi foto berakhir agak cepat, dan sebelum Anda menyadarinya, Anda akan diminta untuk keluar dari booth dan mulai mengedit. Konsol penyuntingan booth purikura biasanya ditutupi oleh tirai untuk memberikan privasi kepada pelanggan. Meskipun ada batas waktu untuk bagian proses ini, namun ini cukup lama, jadi seharusnya Anda dapat menyesuaikan foto Anda sesuai dengan yang Anda inginkan!

Ada banyak cara untuk mengedit gambar Anda. Ada stiker warna-warni, perangko waktu dan hari, telinga kucing, kilau, frasa Jepang, dan banyak lagi … dan Anda dapat menempatkannya di mana saja yang Anda inginkan. Ada juga glitter bentuk bebas yang memungkinkan pengguna untuk menggambar apa pun yang mereka inginkan, dan bahkan opsi untuk menambah atau menonjolkan makeup. Sebagian besar purikura melakukannya dengan teman atau orang lain, jadi Anda akan menemukan banyak prangko yang bertema persahabatan atau cinta.

  • Enjoy Your Prints!

Setelah selesai diedit, foto siap dicetak! Proses ini hanya akan memakan waktu satu atau dua menit, dan seringkali ada prompt untuk bergabung dengan program hadiah untuk mendapatkan salinan digital dari cetakan Anda. Terkadang bahkan ada permainan yang menyenangkan untuk dimainkan!

Beberapa menit kemudian dan Anda mendapatkan hasil dari semua kerja keras Anda dalam bentuk stiker oh-so-kawaii. Meskipun dicetak pada selembar kertas, sudah umum untuk memotongnya menjadi stiker masing-masing, Jika tidak cukup lembar untuk dipotong, biasanya ada stasiun gunting di dekatnya sehingga Anda dapat membaginya.

  • Styles of Booths

Meskipun kebanyakan menghasilkan foto-foto yang fantastis, tidak setiap booth purikura sama. Penting untuk menemukan booth yang memiliki tema dan gaya yang sesuai dengan suasana hati Anda. Beberapa ada yang bertema gaya lucu Harajuku yang lebih ekstrem, ada juga yang mungkin menyoroti keindahan natural alami, dan mungkin ada juga yang dapat mengubah Anda dan teman Anda menjadi hime Jepang (putri) atau membesar-besarkan gaya Anda seperti gyaru.

Beberapa tempat juga memiliki area persiapan di mana Anda dapat memeriksa gaya Anda di cermin, atau memilih dari aksesori atau kostum untuk digunakan selama pemotretan Anda! Tergantung pada gaya dan minat Anda.

Sementara itu, di dunia teknologi saat ini, terutama aplikasi. Ada banyak aplikasi yang akan memberi Anda produk seperti purikura yang dapat Anda lakukan di rumah, di mana pun Anda berada! Dengan 10.000.000 unduhan, seperti Meitu, layak untuk dicoba — ada banyak cara untuk mengedit foto Anda dengan filter, stiker, suntingan kecantikan, dan banyak lagi. Jika Anda mencari aplikasi untuk melakukan semua pekerjaan untuk Anda, coba Snow! Ini memiliki banyak filter dan pada dasarnya adalah versi purikura dari Snapchat, meskipun banyak orang hanya menggunakannya untuk filter. Di luar kedua aplikasi ini, ada banyak aplikasi lain untuk Anda dan teman Anda nikmati. Meskipun mereka menyenangkan, namun mereka tidak bisa dibandingkan dengan yang asli, jadi apakah kalian tertari?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Source:

http://purikura.blogspot.com/p/what-is-purikura.html

https://allabout-japan.com/en/article/6943/

http://victoriainjapanland.blogspot.com/2011/11/purikura-japanese-glamour-photos.html

https://jw-webmagazine.com/10-must-visit-shops-in-harajuku-7d06f7eb05f7/