Cosmos Flower Festival

Jepang dengan pemandangan alamnya yang indah, budaya tradisional dan pop culturenya yang terkenal mendunia merupakan salah satu tempat wisata yang bagus untuk dikunjungi.

Selain memiliki budaya yang unik, orang jepang juga memiliki kebudayaan menikmati alam seperti budaya Hanami (berpiknik sambil meniknati indahnya bunga). Karena jepang merupakan Negara empat musim, setiap musim memiliki hal menarik yang dapat dinikmati.

Musim Gugur merupakan salah satu musim yang bagus untuk mengunjungi jepang (selain musim semi), dengan cuaca yang hangat dan udara yang sejuk tentunya sangat bersahabat, dan juga indahnya melihat dedaunan yang berubah warna menjadi kuning hingga coklat  kemerahan seakan menambah indahnya pemandangan musim gugur.

Tidak hanya dedaunan, bunga bunga musim gugur juga bermekaan, bunga Cosmos, bunga spider lily (Higanbana), bunga Chrysanthemum (Kiku), Osmanthus (Kinmokusei), dll. Warna bunga yang beragam membuat musim gugur menjadi musim yang indah.

Bunga Cosmos (コスモス) atau kadang disebut bunga kenikir  merupakan salah satu tumbuhan bunga tropis anggota suku kenikir-kenikiran yang berasal dari Amerika Latin dan Amerika Tengah, namun bunga ini tumbuh liar dan mudah ditemui di Florida, Amerika Serikat, serta Negara Asia Tenggara dan Asia Selatan. Bunga ini biasanya bermekaran mulai akhir Agustus dan bisa dinikmati mulai dari pertengahan September hingga akhir Oktober.

Bunga Cosmos memiliki beberapa varian warna, mulai dari putih, pink,oranye dan kuning. Bunga Cosmos yang berwarna warni ini mekar dengan indahnya di berbagai macam tempat, karena bunga ini dapat tumbuh asalkan tempat tumbuhnya mendapatkan paparan sinar matahari yang cukup, walaupun lahan tersebut tidak subur.

Bunga Cosmos diperkenalkan ke jepang pada zaman Edo. Karena bentuk kelopak bunga Cosmos mirip dengan bunga bunga sakura, bunga cosmos juga disebut sebagai Sakura Musim Gugur (秋桜). Dalam Hanakotoba (bahasa bunga) berarti keharmonisan, kedamaian, kesederhanaan, kebahagiaan yang membawa cinta dan kehidupan, juga keindahan.

Ada 5 tempat untuk melihat mekarnya bunga Cosmos di Jepang:

  • Awagi Hanasajiki di Prefektur Hyogo
  • Showa Kinen Park di Tokyo
  • Iwappara Cosmos Park di Prefektur Niigata
  • Taiyo-no-Oka Engaru Park di Hokkaido
  • Kirin Factory Cosmos Fields di Fukuoka

 

Picture source: https://japan-magazine.jnto.go.jp/jnto2wm/wp-content/uploads/1507_cosmos_main.jpg

Showa Kinen Park di Tokyo merupakan salah satu tempat yang bagus untuk melihat bunga cosmos yang bermekaran, dan tempat ini cukup populer dikunjungi pada musim gugur. Taman ini juga terkenal dengan adanya jalan dengan pohon ginkgo yang berbaris rapi yang berwarna kuning cerah, yang menambah indahnya taman ini. Bunga Cosmos yang tumbuh di taman ini mencapai lebih dari 70.000 batang bunga. Tema untuk tahun ini adalah “Lemon Bright”, jadi bunga cosmos yang berada ditaman ini akan berwarna kuning.

Showa Kinen Park berjarak sekitar 15 menit berjalan kaki dari Tama-monorail atau kereta JR di Stasiun Tachikawa. Luas area tempat ini mencapai 180 hektar sehingga akan cukup melelahkan jika mengelilingi tempat ini dengan berjalan kaki. Di dalam area taman ini ada disediakan bus dan juga tempat penyewaan sepeda, jadi silakan gunakan transpotasi yang nyaman menurut Anda. Untuk masuk ke taman ini, diperlukan biaya masuk sebesar 410 yen untuk orang Dewasa (15 tahun keatas) dan 80 yen untuk Anak-anak (8-14 tahun),

 

Source:

https://hananokotoba.com/the-language-of-flowers/

https://en.japantravel.com/guide/5-spots-to-enjoy-cosmos-flowers-in-japan/63811

https://tokyocheapo.com/events/cosmos-flower-festival-showa-kinen-park/

https://matcha-jp.com/id/3170#:~:text=Showa%20Memorial%20Park%20berjarak%20sekitar,untuk%20dikelilingi%20dengan%20berjalan%20kaki.