Makanan Khas Musim Gugur di Jepang

Musim gugur merupakan musim panen, ketika kekayaan dari Alam terlihat dengan jelas. Setelah teriknya musim panas, angin yang sejuk dan langit yang cerah membuat musim ini cukup disukai di Jepang. Ada beberapa kata dalam bahasa Jepang yang mengandung kata “—no Aki” (yang berarti “musim gugur, yaitu musimnya—“. Ada istilah umum seperti sports no Aki (スポーツの秋) dan koraku no Aki (行楽の秋) (“musim gugur, musimnya aktivitas olahraga dan kegiatan luar ruangan / outdoors activity) karena cuaca pada saat musim gugur cocok untuk dihabiskan dengan kegiatan tersebut, dokusho no Aki (読書の秋) (musim gugur, musimnya membaca) karena malam hai yang panjang pada saat musim gugur merupakan suasana yang kondusif untuk kegiatan intelektual, ada juga istilah geijutsu no Aki (芸術の秋) (musim gugur, musimnya kesenian), pada musim ini beberapa institusi pendidikan mengadakan Festival Kebudayaan, dan kegiatan yang berbau seni lainnya seperti opera, ballet dan drama juga banyak pada musim ini.

Ada istilah shokuyoku no Aki (食欲の秋) (musimnya makan) dan juga minori no Aki (実りの秋) (musimnya panen). Musim gugur dikenal sebagai musimnya makan karena pada musim ini terjadi peningkatan selera makan karena perubahan cuaca dari panasnya musim panas menjadi musim gugur yang sejuk.

Pada musim ini banyak hasil panen dari hasil pertanian dan hasil laut. Musim ini juga dikenal sebagai musim makanan paling enak.

Berikut ini merupakan makanan-makanan yang dapat dinikmati saat musim gugur:

  1. Shin-mai (新米Beras yang baru dipanen)

Picture source: https://i1.wp.com/blog.govoyagin.com/wp-content/uploads/2020/09/20181101316post-18517.jpg?resize=770%2C514&ssl=1

Beras yang pertama kali dipanen pada musim gugur disebut dengan Shin-mai atau nasi baru. Beras ini dianggap memiliki rasa yang berbeda dibandingkan dengan beras yang dipanen selama setahun penuh. Shin-mai dikatakan memiliki tekstur yang lebih pulen dan rasa yang lebih manis dibandingkan jenis beras lainnya. Beras ini hanya dapat dinikmati dari bulan September hingga Desember. Shin-mai diproses dan dikemas untuk dijual pada tahun yang sama dengan tahun yang sama dengan tahun panennya dan tidak lagi dijual setelah bulan Desember.

  1. Ikan Sanma / Pacific Saury (秋刀魚)

Picture source: https://media-cdn.tripadvisor.com/media/photo-s/0d/11/12/c3/sanma-shioyaki.jpg

Pacific Saury dikenal dengan nama ikan Sanma di Jepang. Ikan ini banyak muncul pada musim gugur. Ikan yang memiliki warna keperakan ini memiliki rasa yang kaya dan sebaiknya dinikmati dengan cara dipanggang dengan sedikit garam.  Makanan musim gugur yang populer ini disebut sanma no shioyaki (ikan sanma yang dipanggang dengan garam. Biasanya ikan ini disajikan secara utuh.

  1. Yakiimo (Ubi Manis Bakar)

Picture source: https://images.arigatojapan.co.jp/2019/09/27131333/shutterstock_558584974.jpg

Yakiimo adalah Ubi Manis yang dibakar, dan makanan ini kemungkinan merupakan salah satu cemilan / snack musim gugur yang populer di Jepang. Ubi Manis dibakar dan kemudian dijual di berbagai tempat seperti convenience store, tempat penjualan ubi hingga gerai makanan pada saat festival.

  1. Jamur Matsutake

hoku

Picture source: https://img.beritasatu.com/cache/beritasatu/910×580-2/1396846288.jpg

Jamur Matsutake merupakan merupakan jenis jamur yang sangat populer dan beberapa makanan juga disiapkan dengan menggunakan bahan ini.. Jamur Matsutake biasanya ditemukan pada akar pohon pinus pada musim gugur dan memiliki rasa yang kaya dan alami.

Karena memerlukan keadaan yang spesifik untuk tumbuh, Jamur Matsutake terkenal karena rasanya yang luar biasa. Salah satu resep yang menggunakan jamur Matsutake adalah Matsutake Dobinmushi.

 

Source:

https://www.keioplaza.com/keywords/fall.html

https://ohayojepang.kompas.com/read/1487/6-makanan-khas-musim-gugur-di-jepang-yang-wajib-kamu-coba?page=all

https://matcha-jp.com/en/6640