Mengenal Sakurayu, Teh Bunga Khas Jepang

Jepang dikenal sebagai negeri dari bunga sakura yang dikenal akan kecantikannya. Setiap musim semi, warga Jepang akan mengadakan hanami 花見 (piknik bersama sambil melihat bunga). Tidak hanya itu, ternyata bunga sakura pun dijadikan kuliner. Seperti apa? Yuk kita simak di bawah ini.

Source: https://goodlife.id/article/view/542/sakurayu-minuman-herbal-bunga-sakura

Sakurayu adalah teh herbal yang terbuat dari bunga sakura. Teh ini dibuat dari kelopak dan tangkai bunga sakura yang dikeringkan. Dilansir dari Japan Times, jenis bunga yang digunakan harus dari jenis yae sakura yang berkelopak ganda, atau oshima sakura yang bunganya paling harum. Waktu memanen bunganya juga perlu diperhatikan, waktunya antara pertengahan sampai akhir musim semi saat bunganya mekar.

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6e/Sakura_yu2.jpg/1200px-Sakura_yu2.jpg

Proses pembuatannya adalah sebagai berikut. Bunga sakura yang sudah dipanen dibersihkan, kemudian direndam dalam larutan cuka plum dan garam. Setelah itu dikeringkan, lalu kemudian dikemas sebagai teh. Letakkan bunga sakura yang sudah dikeringkan tadi ke dalam cangkir, dan seduh dengan air panas. Rasanya sedikit asin dan asam karena direndam dengan cuka dan garam.

Dilansir dari goodlife.id, sakura yu memiliki dampak positif bagi tubuh yaitu: Antioksidan, asam lemak, kolagen, dan anti inflamasi yang akan membuat kulitmu tidak mudah terbakar.

https://www.otakurei.com/japanese-culture-sakurayu/

Teh ini umum ditemui saat acara omiai (perjodohan) dan kekkon shiki (pernikahan). Dikarenakan bunga sakura diartikan sebagai ‘lembaran hidup baru yang bersih’ bagi kedua pasangan.

Tidak hanya teh, sakurayu juga biasa dihidangkan menjadi makanan. Contohnya sakura gohan, yaitu nasi putih yang dicampur dengan kaldu sakurayu.

Penulis sangat tertarik untuk mencoba keunikan sakurayu, selain sajiannya yang menarik, teh ini baik untuk kesehatan tubuh. Apakah kamu ingin mencoba?

Referensi

https://www.otakurei.com/japanese-culture-sakurayu/

https://goodlife.id/article/view/542/sakurayu-minuman-herbal-bunga-sakura

https://www.japantimes.co.jp/life/2012/03/23/food/cherry-blossom-captures-the-flavor-of-spring/

Iqbal Azzyz