Obara Shikizakura Festival

Melihat Bunga Sakura di musim semi atau daun Momiji di musim gugur? Keduanya memiliki daya tarik tersendiri. Turis-turis dari Luar Negeri biasanya mengunjungi Jepang ketika musim semi atau pada musim gugur karena keadaan cuaca pada kedua musim ini tidak yang terlalu panas, dan juga tidak terlalu dingin (cuaca yang hangat), dan juga pemandangan alam pada kedua musim ini memiliki keindahan yang tak tertandingi. Bingung ingin mengunjungi Jepang antara musim semi dan musim gugur? Kita bisa melihat indahnya hamparan daun momiji besamaan dengan mekarnya bunga sakura, ya tempat tersebut memang ada di Obara, Prefektur Aichi.

Ketika kita melihat bunga sakura, biasanya yang terbayang adalah musim semi, dengan bunga berwarna pink muda bermekaran dengan indahnya. Bunga Sakura (Prunus serrulata) yang merupakan salah satu bunga khas jepang, sebenarnya tidak hanya mekar di musim semi saja, ada jenis sakura yang mekar di musim lainnya.

Musim gugur identik dengan daun momiji (紅葉) yang berwarna coklat kemerahan, tetapi ada satu jenis sakura yang bernama Shikizakura yang mekar dua kali setahun, pada musim semi dan musim gugur. Unik bukan?

Picture source: https://media.japanesestation.com/images/750×422/2019/11/shikizakura1.jpg

Kita bisa melihat daun momiji dan bunga sakura secara bersamaan di Obara, Prefektur Aichi. Pada awalnya, pohon Shikizakura dibawa oleh Genseki Fujimoto yang mendapatkan bibit pohon Shikizakura dari Nagoya pada abad ke-19. Pohon Shikizakura ini ditanam di daerah Obara yang kemudian menyebar di seluruh tempat ini. Shikizakura sendiri merupakan turunan asli Mamazakura dan Edohingan yang menghasilkan sakura jenis baru. Walaupun spesiesnya berbeda, bentuk dan penampakan bunganya sama seperti bunga sakura pada umumnya.

Saat ini, ada sekitar 10.000 pohon Shikizakura di Obara, termasuk juga pohon Maehora Shikizakura yang berusia 100 tahun dan menjadi simbol prefektur Aichi.

Festival Obara Shikizakura ini biasanya diadakan pada bulan November, terdapat berbagai stand makanan dan souvenir di dekat pintu masuk. Tetapi untuk tahun ini, dikarenakan wabah pandemi yang melanda dunia, demi mengurangi penyebaran wabah pandemi Festival Obara Shikizakura dibatalkan (Cancelled).

Ada beberapa tempat bagus untuk melihat Shikizakura, Taman Obara Fureai dan Senmi Shikizakura no Sato merupakan spot favorit untuk melihatnya. Untuk mencapai Taman Obara Fureai, kita harus berjalan selama 5 menit dari pemberhentian bus Obara Ookusa, dan Senmi Shikizakura no Sato membutuhkan waktu sekitar 15 menit perjalanan dari halte terakhir Kaminigi. Tidak dibutuhkan biaya tambahan untuk memasuki taman ini alias Gratis.

Untuk yang ingin mengelilingi Obara, diharapkan untuk mendownload peta daerah Obara agar bisa memahami daerah Obara lebih lanjut.

Akses Menuju Obara Shikizakura

Dari Stasiun Nagoya, kita bisa naik kereta subway Higashiyama Line sampai stsiun Fushimi. Kemudian kita pindah ke kereta Nagoya City Subway Tsuumai Line sampai Stasiun Akaike. Lama perjalanannya sekitar 30 menit dengan ongkos 300 yen.

Setelah itu kita naik kereta Meitetsu Toyota Line sampai stasiun Toyotashi. Lama perjalanan 23 menit dengan ongkos 400 yen. Dari Stasiun Toyotashi, kita bisa turun kearah pintu keluar, lalu tunggu di bus stopnomor 1, lalu naik bus Toyota Oiden Obara Line kearah Kaminigi sampai di pemberhentian Obara Ookusa. Lama pejalanan sekita 1 jam dengan ongkos 500 yen (bisa dibayar dengan kartu SUICA / Pasmo maupun kartu ICOCA)

 

Source:

https://japanesestation.com/japan-travel/travel-destination/festival-shikizakura-menikmati-bunga-sakura-mekar-dan-dedaunan-musim-gugur-di-obara

https://liburankejepang.com/2019/09/03/obara-shikizakura-saat-momiji-musim-gugur-bertemu-sakura-musim-semi/

https://www.aichi-now.jp/en/spots/detail/132/

https://www.infojepang.net/item/obara-shikizakura/