Pekerjaan Pelestarian Kubah Bom Atom di Hiroshima Dimulai

Dilansir dari nhk.or.jp, Pekerjaan pelestarian Monumen Perdamaian Hiroshima, juga yang dikenal sebagai Kubah Bom Atom, dimulai pada Kamis setelah penundaan lebih dari satu tahun.

Bangunan ini sudah berdiri di kota Hiroshima lebih dari 100 tahun yang lalu, selamat dari pengeboman oleh Amerika Serikat di tahun 1945.

Pejabat kota semula berencana memulai pekerjaan preservasi pada tahun fiskal 2018. Berbagai upaya dilakukan untuk mencari kontraktor, namun proses tender tidak dapat diselesaikan, antara lain karena kurangnya pekerja untuk konstruksi. Pemilihan kontraktor akhirnya diumumkan pada bulan Juni.

Pada hari Kamis, empat pekerja terlihat memindahkan pagar di sekitar bangunan dan memasang papan pemberitahuan tentang dimulainya proyek.

Pekerja akan mendirikan perancah dan secara manual menghilangkan karat dari langit-langit yang melengkung dan bagian lainnya dari bangunan. Kemudian para pekerja akan mengecat ulang struktur menjadi coklat tua – warna yang semula sebelum pengeboman atom.

Seorang pejabat kota Hiroshima mengatakan pekerjaan pengecatan ulang bertujuan untuk mengingatkan orang-orang tentang kebenaran pemboman atom. Pejabat tersebut menambahkan bahwa struktur harus dijaga dengan baik demi mengedukasi generasi mendatang tentang tragedi tersebut.

Reference

https://www3.nhk.or.jp/nhkworld/en/news/20200903_24/

 

Iqbal Azzyz