Tamagoyaki: Asin atau Manis?

Minna-san pasti sudah tidak asing dengan makanan ini. Ya, tamagoyaki. Telur dadar yang dilipat sedemikian rupa sehingga terlihat seperti digulung. Makanan ini sudah menjadi makanan rumahan paling umum di Jepang yang bisa disajikan sebagai sarapan, bekal makan siang, maupun sebagai kudapan.

Yang menariknya, ternyata makanan ini memiliki rasa yang berbeda dengan rasa telur dadar yang biasa kita jumpai di Indonesia. Salah satu faktor pembedanya adalah dalam resep tamagoyaki, mayoritas masyarakat Jepang memasukkan gula ke dalam telur loh! Namun, ada juga yang menyukai tamagoyaki yang asin.

Dari survei yang dilaksanakan oleh JTownNet tahun 2015 lalu, lebih dari separuh penduduk Jepang menyetujui bahwa tamagoyaki yang enak memiliki rasa yang manis, sedangkan sisanya lebih menyukai tamagoyaki dengan cita rasa asin. Bila dilihat dari daerahnya, bagian timur Jepang cenderung menyukai tamagoyaki manis, sedangkan Jepang barat cenderung menyukai tamagoyaki yang asin.

Sementara itu, di tahun 2017, situs “Minna no Koe” milik Docomo juga melakukan survei yang sama. Hasil dari Docomo sedikit berbeda dibandingkan survei JTownNet 2 tahun sebelumnya, walaupun peringkat satu dari selera masyarakat Jepang masih sama, yakni tamagoyaki manis.

Dari pertanyaan “Tamagoyaki seperti apa yang kamu suka?”, peringkat nomor 1 dipegang oleh “Rasa manis dari gula” sebesar 45%, diikuti oleh “Rasa asin dengan menambahkan kaldu” di peringkat 2 (16%), dan disusul dengan “Dibumbui dengan kecap asin saja” di peringkat 3 (8%). Ada juga beberapa pendapat yang menyukai tamagoyaki dengan garam, mayones, daun bawang, mentega, dan lain sebagainya.

Bila dilihat dari hasil voting tertinggi di setiap daerah, 38 prefektur lebih suka memasukkan gula untuk memmbuat tamagoyaki manis, 8 prefektur memasukkan kaldu untuk membuat rasa asin, sedangkan Okinawa menjadi satu-satunya daerah yang hanya memasukkan garam ke dalam tamagoyaki mereka.

Menarik bukan, teman-teman? Kalau kamu, lebih suka tamagoyaki yang asin atau yang manis?

 

Ditulis oleh: Faustina Ardisa (2101627894)

 

 

Sumber

https://youpouch.com/2017/09/09/457948/

https://j-town.net/tokyo/research/results/212476.html?p=all

Google Image