Takayama Autumn Festival

Takayama Festival dimulai pada abad ke-16 sampai 17 di kota Takayama, Jepang. Asal usul festival ini tidak diketahui, tapi penduduk Jepang meyakini bahwa festival ini dimulai pada masa pemerintahan keluarga Kanamori.

Yomatsuri, salah satu atraksi yang bisa dilihat di Takayama Autumn Festival

 

Takayama Festival (高山祭, Takayama Matsuri) merupakan salah satu festival yang dinobatkan sebagai Festival yang paling indah di Jepang disamping Gion Matsuri di Kyoto dan Chichibu Yomatsuri.  Festival ini diadakan dua kali dalam setahun pada musim semi dan musim gugur di kota tua Takayama di Prefektur Gifu dan menarik banyak jumlah pengunjung setiap tahunnya.

Festival musim seminya diadakan setiap tahun pada tanggal 14-15 April di Kuil Hie di bagian selatan kota tua Takayama. Karena kuil ini juga dikenal sebagai Sanno-sama, festival musim semi Takayama juga disebut sebagai Festival Sanno.

Juga, Festival musim gugurnya yang diadakan setiap tahun pada tanggal 9-10 Oktober di Kuil Hachiman yang terletak di bagian utara kota tua Takayama, berkebalikan letaknya dengan festival musim seminya. Festival musim gugur ini juga dikenal sebagai Festival Hachiman.

Festival musim semi dan musim gugur memiliki jadwal dan atraksi yang sama. Setiap festival menampilakan masing-masing yatai (festival floats, armada parade) sebagai salah satu atraksinya. Selama tahun itu, festival floats ini dihias dengan banyak hiasan disimpan di ruang penyimpanan, yang letaknya tesebar di seluruh kota tua Takayama (kecuali festival floats yang dipamerkan di Yatai Kaikan).

Atraksi yang ditampilkan pada festival ini adalah:

 

  1. Parade Festival

Beberapa ratus orang berpakaian tradisional seperti kamishimo (kostum samurai) berjalan di sekitar area festival dengan menggotong mikoshi (portable shrine) yang membawa sang dewa. Penampil Shishimai (lion dance, tarian singa) dan tokeiraku, orang yang menggunakan kostum yang dihiasi dengan hiasan yang membangkitkan semangat begabung dalam parade ini.

 

  1. Yatai Float Display

Ada 11 matsuri-yatai (festival floats) untuk Festival Musim Gugur Takayama (Hachiman Matsuri).  Setiap float memiliki ornament uniknya sendiri sendiri, jadi menyisihkan waktu untuk membandingkan ornament pada tiap float ketika sedang berparade merupakan salah satu cara menikmati festival ini.

  1. Yatai Parade

Yatai Parade diadakan pada tanggal 9 Oktober di sore hari pada Festival Musim Gugur Takayama (Takayama Autumn Festival). Para pengunjung bisa melihat empat buah yatai floats diiringi keliling kota.

  1. Penampilan Marionette (Karakuri Ningyou)

Di kawasan Sakuayama Hachimangu, pertunjukan boneka diadakan pada salah satu kendaraan hias- Hotei-tai-. Enam hingga delapan orang master yang disebut tsunakata menggerakkan banyak benang marionette. Penonton akan terkagum kagum oleh detail dan gerakan lincah boneka, seolah-olah boneka itu hidup. Pertunjukan marionette diadakan dua kali sehari, pagi hari dan sore hari pada hari kedua festival ini. Perlu diperhatiakan bahwa akses masuk ke area sekitar ini bisa saja dibatasi untuk memastikan keamanan pengunjung dan untuk menghindari kecelakaan.

  1. Yomatsuri (Evening Festival)

Yomatsuri (Evening Festival) diadakan pada malam hari di tanggal 9. Diperkirakan ada 100 lentera yang dinyalakan pada tiap float, dan float tadi diarak perlahan mengitari kota. Para pengunjung dapat merasakan tontonan yang fantastis, yang tentunya sangat berbeda dengan penampilan di siang hari.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika hari hujan pada hari diadakannya festival:

  • Penampilan Marionette, Parade Festival, Parade Yatai dan Yomatsuri akan dibatalkan
  • Festivalnya tidak akan diundur.
  • Melihat yatai di tempat penyimpanan kemungkinan akan diadakan tergantung cuaca.

Untuk tahun ini, perayaan festival ini dibatalkan karena wabah pandemi untuk mencegah penyebaran infeksi yang lebih banyak.