Kepopuleran Virtual Youtuber

Sebagai salah satu platform berbagi video yang terkenal di dunia. Kini tidak hanya diisi oleh konten kreator manusia sungguhan, ada suatu fenomena unik yang muncul di platform ini, yaitu adanya Virtual Youtuber atau kadang lebih sering disingkat sebagai Vtuber. Fenomena Virtual Youtuber ini awalnya muncul di Jepang pada akhir tahun 2016, Virtual Youtuber yang bernama Kizuna AI memulai debutnya di platform Youtube dengan konsep sebagai A.I. (Artificial Intelligence) yang bisa dibilang baru pada saat itu. Karena konsepnya yang fresh, Kizuna AI berhasil menjadi karakter Vtuber yang mencapai 1 juta subscriber di tahun 2017.

Kizuna AI saat berkolaborasi dengan Game Azur Lane

 

Virtual Youtuber atau biasa disingkat sebagai Vtuber meupakan karakter fiksi berbentuk 2D atau 3D layaknya seorang manusia yang berprofesi sebagai konten kreator pada platform digital Youtube. Tokoh karakter Vtuber terkadang ada yang menggunakan avatar karakter cewek anime yang imut dan menggemaskan, namun ada juga yang memakai karakter pria yang menawan, bahkan ada juga yang memakai avatar non-manusia. Dengan bantuan 3D CGI (Computer Generated Images), karakter tersebut dapat bergerak bebas seolah-olah hidup dan mampu berinteraksi dengan  penontonnya seperti mengubah ekspresi, mimik wajah serta menggerakkan anggota tubuh layaknya menusia sungguhan.

Karakter virtual ini bekerja layaknya sebuah boneka animasi yang dikendalikan manusia di balik layar untuk menjadikannya tampak seperti manusia sungguhan dengan menggunakan alat yang bernama “Motion Capture” yang befungsi untuk merekam setiap gerakan maupun raut wajah untuk kemudian dikonversikan kedalam model karakter virtual tersebut. Untuk membuat seorang karakter Virtual Youtuber, kalian membutuhkan berbagai macam alat alat canggih seperti Kamera, Green Screen, Motion Capture, Face Capture, Animator 3D CGI, serta editor video yang baik agar penggambaran karakter nantinya tampak sempurna. Harga peralatan ini cukup mahal, jadi perlu petimbangan yang matang jika anda ingin menjadi Vtuber.

Vtube pelopor yang sering disebut sebagai The Big Four

 

Seiring perkembangan trend Vtuber ini, banyak Vtuber baru yang bemunculan setelah munculnya Kizuna AI. Ada 4 Vtuber pelopor dari boomingnya trend Vtuber, mereka disebut sebagai The Big Four (awalnya memang ada 5, tetapi salah satunya memutuskan untuk menyerahkan channelnya kepada orang lain karena hal pribadi), yaitu:

  • Kizuna AI
  • Kaguya Luna
  • Mirai Akari
  • Siro (Dennou Shoujo Siro)
  • Nekomasu (atau lebih dikenal sebagai Nojya Loli Oji-san)

Selain Nekomasu, The Big Four yang lain semuanya didukung oleh perusahaan (Nekomasu merupakan seorang Indie Vtuber, dimana ia tidak terikat dengan perusahaan manapun). Trend Vtuber mulai bergeser ketika mulai muncul Agensi baru yang menaungi bebagai macam Vtuber, seperti Nijisanji (dikembangkan oleh Ichikara Inc.) dan Hololive (yang dikembangkan oleh Cover Corp.). Pada awalnya video dari para Vtuber ini sudah dibuat terlebih dahulu lalu diupload, tetapi trend bergeser menjadi diadakannya live stream untuk berhubungan langsung dengan para penggemar secara real time. Para Vtuber membawakan konten yang bisa dibilang dapat menarik perhatian penonton baik itu dari penikmat vtuber maupun penonton awam.

Jumlah Vtuber yang ada saat ini diperkirakan sekitar lebih dari 5000 orang, jumlah ini terus bertambah setiap tahun. Kini Virtual Youtuber bukan hanya berasal dari Jepang saja, mulai banyak juga Vtuber yang berasal dari luar Jepang, seperti Lyrica yang berasal dari Filipina, Gawr Gura yang berasal dari Hololive EN (cabang luar negerinya Hololive) dan banyak lainnya. Pada saat wabah pandemi ini, keberadaan Vtuber merupakan salah satu alternatif hiburan selain acara televisi.