Real-Life Escape Game

Pada saat terbangun, anda berada didalam sebuah ruangan yang asing dengan beberapa orang yang tidak anda kenal. Ruangan yang asing tadi memiliki aura yang cukup menyeramkan, ada sebuah pintu besar yang menghubungkan tempat anda berada. Namun, pintu ini terkunci rapat. “Bagaimana caranya keluar dari ruangan ini ya? Apakah ada suatu mekanisme khusus untuk membukanya?”.  Setelah mengelilingi ruangan, ada sebuah catatan yang bertuliskan “ Pecahkan berbagai teka teki yang ada di seluruh gedung ini. Anda hanya mempunyai waktu 4 jam untuk bisa melarikan diri dari tempat ini. Jika dalam kurun waktu tersebut anda tidak dapat meloloskan diri, akan terjadi hal yang buruk kepada anda semua yang tetinggal. Selamat berjuang”. Pesan yang cukup singkat, jika ingin cepat lolos dari tempat ini, diperlukan kerja sama tim untuk meloloskan diri dari sana. Cerita ini hanya perumpamaan untuk mengetahui tentang apa itu Escape Game.

Beberapa seri anime yang memiliki adaptasi Real-life Escape Game

 

Escape game atau game melarikan diri adalah permainan dimana tim pemain bekerja sama menemukan petunjuk, menyelesaikan teka-teki, dan menyelesaikan tugas dalam satu kamar atau lebih untuk maju dan mencapai tujuan tertentu dalam waktu terbatas.

Seperti namanya, tujuannya seringkali untuk “melarikan diri” dari ruangan terkunci, biasanya dengan menyusuri uangan untuk mencari petunjuk dan memecahkan kode teka-teki sambil berpcu dengan waktu. Untuk pengalaman yang lebih berkesan, sebagian besar game juga memiliki alur cerita. Beberapa ruang pelarian bahkan mungkin melibatkan tantangan fisik seperti merangkak melewati terowongan, menuruni perosotan, atau memanjat tangga.

Real life escape game pada awalnya merupakan suatu genre pada permainan yaitu Escape game, hanya saja pada kasus ini escape game tersebut direalisasikan menjadi nyata. Genre escape game ini mempunyai berbegai macam tema yang menarik, sehingga orang orang tertarik untuk mengetahui ceritanya hingga akhir.

Jepang dikatakan sebagai Negara yang pertama kali mengembangkan genre escape game pada tahun  2007. SCRAP, perusahaan yang mempelopori modern real-life escape game sejak saat itu mulai mempeluas penawarannya dalam pengalaman permainan real-life escape game hingga tersebar ke luar Jepang. Ada beberapa seri terkenal yang dibuat real-life escape gamenya, seperti dari seri Detektif Conan (Meitantei Conan) dan Attack on Titan (Shingeki no Kyojin).

“Real life escape game” merupakan indoor adventure game, dimana para pemainnya bermain di dalam ruangan yang terkunci kemudian para pemain tersebut harus berusaha keluar dari ruangan yang terkunci tersebut dengan memecahkan berbagai teka-teki dari petunjuk atau clue yang tersedia. Tiap benda dan tulisan yang ada di ruangan tesebut pasti mempunyai petunjuk yang dapat digunakan untuk membuka kunci-kunci yang ada. Pemain dikatakan berhasil, jika mereka berhasil memecahkan semua teka-teki dan berhasil membuka semua pintu atau kunci yang ada sehingga dapat keluar dari ruangan. Permainan ini biasanya diberi batas waktu, pada umumnya sekitar 60 menit. Jika dalam 60 menit pemain tidak berhasil mencapai pintu akhir, maka pemain tadi akan dinyatakan “Game Over” alias tidak berhasil / gagal. Namun berhasil atau tidaknya menyelesaikan permainan bukanlah suatu hal yang penting. Yang terpenting adalah para pemain bisa merasa enjoy dan merasa have fun dalam permainan ini. Biasanya permainan ini dimainkan dalam team / group sehingga dibutuhkan kerjasama orang-orang dalam team tersebut. Semakin banyak anggota dalam team tersebut, akan semakin seru permainannya.