Menikmati Konser Virtual Secara Nyata dalam Game Project Sekai Colorful Stage

Main Visual dari Game Project Sekai Colorful Stage

 

Project Sekai Colorful Stage merupakan salah satu game yang cukup tekenal akhir akhir ini. Game ini dibuat sebagai game ponsel dengan genre rhythm game. Karakter yang muncul di game ini terdiri dari beberapa grup, salah satunya adalah Virtual Singer (atau dulu lebih dikenal dengan sebutan vocaloid). Sebelum membahas tentang game ini, mari kita cari tahu dulu apa itu vocaloid.

Vocaloid merupakan salah satu sub-kultur yang cukup terkenal di Jepang. Pada awalnya Vocaloid merupakan software voice synthethizer buatan Yamaha. Vocaloid mulai banyak dikenal ketika salah satu vocaloid, Hatsune Miku mengcover sebuah folk song Ievan Polkka (yang merupakan parodi) dan kemudian mulai dikenal oleh publik. Hatsune Miku merupkan salah satu dari CV series (Character Voice) yang diproduksi oleh Crypton Future Media dan di rilis pada tanggal 31 Agustus 2007. Nama Hatsune Miku sendiri berasal dari kata Hatsu (初 yang berarti Pertama), Ne (音,yang berarti suara) dan Miku(ミク) merupakan nanori atau cara baca kanji khusus nama dari Mirai (未来 yang berarti Masa Depan). Bila kata-kata tersebut digabungkan secara harfiah, artinya menjadi “Suara Pertama dari Masa Depan”. Suara Miku sendiri diambil dari sampel suara Saki Fujita (藤田咲, Fujita Saki), seorang pengisi suara dari Jepang. Hatsune Miku memiliki karakteristik suara perempuan yang imut sehingga banyak orang yang menyukai suaranya.

Kepopuleran Hatsune Miku dimulai dengan banyaknya lagu lagu yang diupload ke situs video Nico Nico Douga dengan menggunakan suara vokalnya Miku. Salah satu lagu yang diuload ke NND, yang berjudul Melt (メルト) membuat sebuah tren baru dalam dunia vocaloid, sejak lagu itu diuload banyak bermunculan cover dari berbagai macam orang hingga muncul istilah Melt Boom. Hatsune Miku sendiri sudah memiliki banyak konser, yang dimana Miku sendiri ditampilkan dengan menggunakan hologram di depan penonton. Pada tahun 2014 silam, Miku pernah mengadakan konsernya di Indonesia pada tanggal 29-30 Mei.

Selain konser, Miku juga memiliki beberapa game untuk beberapa konsol game seperti game Project Diva yang juga menampilkan Cryptonloid lainnya seperti Kagamine Rin dan Len, Megurine Luka, MEIKO dan KAITO.

Project Sekai Colorful Stage merupakan rhythm game yang dikembangkan bersama oleh Sega Games, Colorful Pallete dari Craft Egg dan juga Crypton Future Media. Game ini merupakan game tentang vocaloid pertama yang di desain sebagai mobile game untuk Android dan iOS. Game ini becerita tentang berbagai macam karakter yang secara tak sengaja menemukan sebuah lagu yang berjudul “untitled” yang kemudian menarik mereka menuju Sekai, suatu dunia virtual yang tercipta sesuai dengan keinginan orang yang mendengarkan lagu “untitled” tersebut. Sejauh ini ada 5 grup yang muncul di game ini (belum termasuk grup Virtual Singer), Leo/need, MORE MORE JUMP, Vivid BAD SQUAD, Wonderlands x Showtime dan 25-ji, Night Code de. Tiap grup memiliki daya tarik masing-masing, seperti grup MORE MORE JUMP yang berkonsep Idol memiliki music yang cukup ceria.

Daya tarik lainnya dari game ini yaitu adanya Virtual Live yang merupakan mode unik dimana kita bisa merasakan pengalaman Live Consert dengan teknologi Augmented Reality (AR) atau seperti konser Vocaloid pada umumnya dimana para penonton bisa mendukung karakter favoritnya dengan mengayunkan light stick sesuai warna grupnya. Disini kita bisa melihat pemain dari seluruh dunia dan grup yang kamu sukai secara langsung tanpa perlu membeli tiket. Menarik bukan?