Walaupun Aku seorang Villainess, Akan ku Buktikan Aku bisa Bahagia! (Kumpulan Antologi Komik Pendek)

Genre tentang Akuyaku Reijou (Villainess) akhir akhir ini sedang booming di Jepang. Tokoh villain/villainess biasanya memiliki ending yang bisa dibilang jauh dari happy ending, entah itu pengasingan, jatuh miskin, atau bahkan lebih parahnya di hukum mati dalam cerita aslinya. Terdengar klise memang, tapi genre ini cukup sering ditemui dalam shoujo manga.

Cover pertama dari antologi komik ini

 

Definisi dari genre villainess ini berasal dari istilah Villanous Noble Lady (悪役令嬢, yang diartikan wanita bangsawan yang besifat jahat), tokoh jahat ini tidak melakukan hal apapun selain menimbulkan masalah, atau terkadang bahkan sampai mencoba mencelakai tokoh utama wanita (atau sering disebut sebagai Heroine), setidaknya hal itu akan terjadi jika kita mengikuti jalan cerita aslinya, tetapi karena adanya time leap (lompatan waktu, seperti diterbangkan pada 7 tahun sebelum kejadian penting terjadi), reinkarnasi, transmigrasi atau hal yang lainnya, yang dalam kebanyakan kasus membuat tokoh villainess bersikap tidak seperti dirinya yang asli. Perubahan ini membuat ceita aslinya pun begeser dari plot aslinya, akankah mereka mencoba mengikuti plot aslinya atau menghancurkan jalan cerita asli seutuhnya, tergantung keinginan villainessnya.

Genre ini mulai booming setelah munculnya seri light novel Otome Game ni wa Hametsu Flag shika Nai Akuyaku Reijou ni Tensei shite Shimatta (My Next Life as Villainess: All Routes Lead to Doom, atau dikenal sebagai Hamefura) yang ditulis oleh Satoru Yamaguchi dan diilustrasikan oleh Nami Hidaka. Seri novel ini mulai diserialisasikan secara online pada Juli 2014 di situs web penerbitan novel buatan pengguna Shousetsuka ni Narou! Manga bejudul sama yang diilustrasikan oleh Nami Hidaka (yang juga merupakan illustrator novelnya) mulai diserialisasikan di majalah bulanan Comic Zero Sum dari penerbit Ichijinsha. Adaptasi anime dari seri ini telah ditayangkan pada musim semi tahun ini yang diproduksi oleh studio Silver Link, season kedua dari anime ini rencananya akan ditayangkan pada tahun 2021.

悪役令嬢ですが、幸せになってみせますわ! (Though I maybe a villainess, I’ll show you All I can Obtain Happiness) merupakan seri antologi komik bertema villainess yang terdiri dari berbagai macam cerita pendek yang diterbitkan di Shousetsuka ni Narou!, antologi ini dipenuhi dengan daya tarik karakter villainess menggapai happy endingnya. Walaupun terkesan pendek, cerita ini akan membuat anda cukup puas dengan ending dari setiap ceritanya. Sejauh ini telah ada 3 antologi komik yang telah diterbitkan, dengan yang paling baru diterbitkan pada bulan Juli 2020. Cerita dari  antologi ini memiliki berbagai macam ending yang tentunya Happy Ending sesuai judul antologi ini.

Walaupun pada cerita aslinya villainess mendapatkan peran yang tidak disukai, karena adanya perubahan dari cerita aslinya akan membuat pembaca penasaran untuk mengikuti kelanjutan ceritanya. Tak jarang genre ini juga diselipkan sedikit bumbu komedi yang tak jarang bisa mengocok perut pembacanya.

Jenis yang cukup populer adalah transmigrasi menjadi karakter villainess, karakter yang nantinya akan menempati tubuh villainess pernah meninggal setidaknya satu kali dan memiliki pengetahuan tentang jalan cerita aslinya, yang kemudian banyak yang beusaha menghindari bad ending misalnya dengan mengubah sikap, membangun relasi yang lebih baik, atau bahkan ada juga yang mencoba untuk membatalkan pertunangan yang biasanya telah ditentukan pada awal cerita aslinya. Karakter villainess disini biasanya dibuat sifatnya menjadi lebih manusiawi sehingga banyak orang bisa bersimpati dengan sikapnya. Memahami cerita dalam sudut pandang karakter villainess bukanlah suatu hal yang buruk.