Internship, Jenjang Menuju Dunia Karir

Sebuah internship merupakan kesempatan yang sangat baik untuk seorang mahasiswa untuk mengumpulkan pengetahuan dan pengalaman dalam dunia kerja. Sebuah internship juga merupakan ladang untuk seseorang mengumpulkan koneksi dan menyerap ilmu dari tempat dia melakukan internship tersebut. Sebuah internship adalah sebuah ladang kesempatan besar yang harus dimanfaatkan oleh seorang mahasiswa untuk mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman agar ketika lulus nanti bisa bekerja dengan baik berdasarkan pengalaman yang pernah diambil ketika masih menjadi mahasiswa. Walaupun, banyak yang menyatakan sebuah internship tidak memberikan pengalaman pekerjaan yang sebanding dengan dunia kerja yang nyata, menurut saya hal tersebut mungkin memang benar, tetapi kita tetap bisa mendapatkan pengalaman yang baik dari sebuah Internship tersebut.

Pengalaman yang paling banyak yang bisa kita dari sebuah Internship adalah bagaimana orang-orang dalam perusahaan bekerja dan membuat keputusan yang baik serta bagaimana mereka bisa bekerja sama sebagai tim untuk menyelesaikan suatu pekerjaan. Kita juga bisa memetik pelajaran tentang kehidupan sosial di dalam sebuah kantor. Mungkin kesulitan yang di dapatkan ketika melakukan Internship adalah ketika pertama kali masuk dalam kantor, karena kita yang baru pertama kali masuk dalam perusahaan bertemu orang-orang yang sudah lama bekerja di perusahaan tersebut dan memiliki gap umur yang cukup jauh maka dari itu mungkin sedikit sulit untuk melakukan kontak sosial. Tetapi setelah melakukan Internship paling lambat 1 bulan, saya yakin kalian juga bisa melakukan kontak sosial dengan orang-orang kantor juga dan berbicara selayaknya karyawan yang ada di perusahaan tersebut.

Dalam pengalaman saya, saya Internship di PT Mutia Malika Kamila, yaitu perusahaan yang bergerak di bidang Food and Beverages. Cara kerja di dalamnya mungkin bisa di bilang akan sangat berbeda dengan kantor-kantor yang bukan bergerak di Food and Beverages. Dan karena restoran yang di pegang oleh PT Mutia Malika Kamila ini adalah restoran Jepang, ada beberapa klien-klien dari PT Mutia Malika Kamila ini merupakan perusahaan-perushaan Jepang. Terkadang, perusahaan Jepang yang ada di sekitar restoran mengadakan gathering untuk kantor nya di restoran dari PT Mutia Malika Kamila

Ananta Putra Kharisma Ramadhan