Pengalaman Kerja di Ozora Publishing Co,Ltd

Bekerja di salah satu perusahaan Jepang merupakan tantangan baru yang saya hadapi. Saya sekarang bekerja intership di perusahaan Ozora Publishinga Co,Ltd sebagai web designer. Pekerjaaan yang biasa saya lakukan adalah mendesain halaman web untuk sebuah perusahaan novel di Jepang, yaitu Kodansha. Novel Kodansha yang ditujukan adalah novel-novel dengan bergenre misteri. Untuk mendesain halaman web sebelum melakukan coding ke web aslinya, saya menggunakan Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan Adobe Dreamweaver. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu desain kurang lebih 2 – 3 hari.

Selain mendesain,saya dan anak magang lainnya juga berganti giliran untuk melakukan rapat online dengan staff yang berada di kantor pusat di Jepang dengan menggunakan Skype. Laporan yang disampaikan merupakan laporan mingguan dan menggunakan bahasa Jepang.

Lalu, setiap seminggu sekali pada hari Jumat, staff beserta anak magang melakukan benkyoukai atau belajar bersama tentang desain maupun coding. Materi yang akan dipelajari akan diberikan pada pagi hari, dan menjelang sore hari kami melakukan tanya jawab dengan staff yang lainnya.

Saya dan anak magang lainnya juga belajar coding web dengan menggunakan beberapa aplikasi diantaranya, Sublime Text, Visual Studio, dan aplikasi lainnya. Namun, untuk coding masih berada di langkah awal dan menjadi salah satu materi akhir yang akan dipelajari.

 

Chyntia Natalia Sianipar