Ohara Matsuri

Ohara Matsuri (おはら祭り) adalah salah satu festival yang berasal dari Kagoshima, sebuah kota yang berada di barat daya Kyushu. Festival ini mulai dirayakan pada tahun 1949 untuk merayakan 60 tahun ditetapkannya Kagoshima sebagai sebuah kota. Pada festival ini, semua orang dapat berpartisipasi secara langsung dalam rangka memeriahkan festival ini. Festival ini dihadiri setidaknya lebih dari 20.000 orang setiap tahunnya, sehingga menjadikan Ohara Matsuri sebagai salah satu  festival terbesar di Kagoshima. Nama Ohara Matsuri sendiri berasal dari “Ohara Bushi” (おはら節), salah satu folk song yang merepresentasikan Kagoshima sejak awal zaman Edo.

Festival ini biasanya diadakan pada tanggal 2-3 November di pusat kota Tenmonkan, Kagoshima. Ada berbagai macam macam atraksi ditawarkan pada festival ini, salah satunya adalah tarian tradisional yang diikuti lagu tradisional Ohara Bushi, Kagoshima Hanya Bushi, dan juga Shibuya Ondo.

Pada hari pertama festival (pada tanggal 2 November) dimulai dari penampilan menabuh Taiko (Drum) dari Ogojyo Daiko. Kata okojyo (おごじょ) berarti wanita muda dalam dialek lokal Kagoshima, dan lebih dari 300 orang wanita muda menabuh Taiko (drum) dengan menggunakan “Happi” (法被、半被). Happi adalah mantel (coat) tradisional Jepang dengan potongan kain lengan yang lurus. Biasanya orang orang memakai Happi hanya pada saat festival.

Hal hal yang dilakukan ketika mengikuti festival ini :

  1. Hafalkan gerakan tarinya, lalu langsung begabung dengan para penari

Tergantung dari grup penarinya, para pengunjung diizinkan untuk bisa langsung “nimbrung” dengan mereka. Untuk menikmati tariannya secara bersama dengan para grup tari, setidaknya penonton bisa belatih dan menghafal gerakan dari “Ohara Bushi”, “Kagoshima Hanya Bushi”, dan “Shibuya Ondo” sebelumnya.

  1. Melihat penampilan Okojyo Daiko, dan menikmati permainan drum mereka seakan mereka sedang menari

Sebelum parade tari “So-odori” ( 総踊り), akan ada penampilan dari “Ogojyo Daiko”, seperti yang dijelaskan sebelumnya permainan drum ini hanya eksklusif untuk para wanita. Mereka memakai Happi, dengan semangat menabuh Taiko mengikuti irama lagu untuk memeiahkan festival.

Sebenarnya, festival ini tidak hanya diselenggarakan di Kagoshima saja lho! Ohara Matsuri juga diadakan di Shibuya, Tokyo pada waktu yang berbeda dengan di Kagoshima. Di Kagoshima, festival ini diadakan pada bulan November sedangkan di Shibuya Ohara Festival diadakan pada pertengahan bulan Mei.

Kenapa di Shibuya juga diadakan Ohara Festival? Sepertinya ada beberapa hal yang menghubungkan Shibuya dan Kagoshima secara historis termasuk fakta bahwa pemahat asli patung Hachiko yang bernama Ando Teru dan Togo Heihachiro (seorang laksamana Jepang dan juga pahlawan angkatan laut Jepang), yang dihormati atas jasanya dalam peperangan melawan Rusia pada tahun 1905 yang diabadikan di kuil Togo di Harajuku (Daerah Shibuya), lahir di Kagoshima. Bagaimanapun juga, festival ini sekarang  sudah memasuki tahun ke 20 dan merupakan salah satu parade yang menyenangkan di pusat tersibuk di Tokyo.

Shibuya Ohara Matsuri dianggap sebagai festival pertemanan antara Tokyo dan Kagoshima. Ini digunakan untuk mempromosikan pariwisata Kagoshima dan ikatan budaya dengan ibu kota Jepang. Sekitar 60 tim tari berpartisipasi dalam festival ini dengan dihadirkan juga beberapa tim dari Kagoshima yang datang ke Shibuya.

Untuk tahun 2020 ini, Ohara Matsuri diadakan dengan durasi yang lebih singkat (hanya diadakan selama satu hari) pada tanggal 3 November dari jam 10.20-12.30 jst dan jumlah partisipan dalam festival ini juga dikurangi, untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Meskipun begitu, semangat para partisipan dalam festival ini tetap terasa.