Ube Matsuri

Ube Matsuri ( 宇部祭り) diadakan selama dua hari pada bulan November di kota Ube yang berada di prefektur Yamaguchi. Kota Ube terletak di bagian timur prefektur Yamaguchi dan juga merupakan kota terbesar ketiga di prefektur ini. Ube Festival berkembang seiring dengan sejarah kota ini sejak tahun 1933. Festival ini merupakan acara yang sangat nyaman dan berorientasi pada komunitas. Mari kita melihat lebih dekat tentang festival ini hal-hal yang bisa kita lakukan di Kota Ube ini.

Kota Ube adalah kota tebesar ketiga di Prefektur Yamaguchi. Ada sekitar 170.000 penduduk yang tinggal disana. Kota ini berkembang sebagai kota pertambangan setelah zaman Meiji. Kota ini terkenal dengan kekayaan alam dan pahatannya. Kompetisi Internasional – Ube Biennale berlangsung di kota ini selama dua tahun sekali. Ube Biennale adalah acara pameran dari luar terbesar di Jepang dan kompetisi memahat tertua di Jepang.

Kota Ube juga terkenal dengan festival kembang apinya. Festival kembang api di kota Ube adalah yang terbesar di prefektur Yamaguchi. Anda dapat mengikuti festival kembang api di Pelabuhan Ube jika Anda kebetulan berada di kota Ube selama musim panas. Pemandian mata air panas dan pantai adalah tempat wisata andalan lainnya di kota ini.

Ube Festival adalah acara musim gugur terbesar di kota ini. Setiap tahun lebih dari dua ratus ribu orang datang ke festival ini baik dai dalam maupun luar prefektur. Festival ini pada awalnya diadakan sebagai acara perayaan pada tahun 1934 yang diusulkan oleh chamber of commerce (kamar dagang, yaitu jaringan usaha yang dibentuk para pemilik usaha untuk mewakili kepentingan mereka). Karena kota Ube pada awalnya merupakan kota petambangan batu bara, nama festival ini dulunya adalah Coil Festival (Festival Batu Bara). Festival ini sukses besar sejak pertama kali diadakan. Ukuran festival ini bertambah seiring berjalannya waktu dan saat ini menjadi acara utama yang mewakili prefektur Yamaguchi.

Penduduk lokal kota Ube menantikan acara ini setiap tahun dan mendedikasikan diri mereka untuk membuat festival ini menghibur tidak hanya bagi orang-orang yang terlibat dalam festival ini tetapi juga bagi pengunjung. Anda pasti bisa merasakan welcoming vibe dari penduduk setempat.

Ube Festival adalah acara yang diadakan selama dua hari. Hari pertama festival dimulai pada malam hari. Acara dimulai pada pukul 17.00 dan berakhir pada jam 21.00. Anda bisa melihat penampilan drum Ube, penampilan dance di panggung dan pertunjukan komedi Jepang pada hari pertama. Selain itu ada sekitar 40 gerai makanan yang berbaris di Harmony Plaza. Anda bisa mencoba berbagai makanan dari seluruh dunia seperti Vietnam, Thailand, China, India, Persia dan masih banyak lagi.

Setelah mengisi perut, Anda bisa memanjakan diri dengan hangatnya cahaya 10.000 lilin di depan balai kota Ube. Hati Anda akan menjadi sedikit lebih hangat saat anda melihat cahaya-cahaya itu. Acara utama berlangsung pada hari kedua festival. Ada banyak acara panggung mulai dari kompetisi menari, berbagai pertunjukan, dan live music. Sementara itu, anda bisa melihat 5000 orang berparade di jalanan. Kota ini menjadi semakin semarak pada malam hari dengan banyaknya orang yang menari dan berparade. Jangan sampai melewatkan Parade Namban yang merupakan prosesi asli dan tradisional dari festival Ube.

Untuk tahun ini, Ube Matsuri diadakan secara online, jadi para partisipan dalam festival ini dapat menikmati suasananya walaupun tidak berada di tempat.