COMIFURO, COMIC MARKET YANG TERKENAL DI JEPANG TAPI VERSI INDONESIA?

Comiket merupakan salah satu event penjualan hasil kreasi terbesar di Jepang, Comiket dilaksanakan dua kali selama setahun (pada bulan Agustus dan bulan Desember) yang berlokasikan di tokyo Big Sight . 

Di event ini banyak sekali para creator membuat hasil karya mereka berupa doujinshi dan lainnya, selain itu di event ini juga banyak sekali orang orang yang melakukan cosplay( menirukan costume suatu karakter). 

Nah Indonesiapun tidak mau kalah dengan Jepang, di Indonesia, ada yang namanya Comifuro (Comic Frontier), event ini hampir sama persis dengan Comiket yang berlokasikan di Jepang , bedanya event ini berlokasikan di Jakarta, indonesia, event ini sudah berjalan selama 14 kali, dan dilakukan selama setahun dua kali (sekitar bulan februari dan bulan agustus), dahulu CF merupakan event gabungan dengan salah satu event budaya Jepang yang berlokasikan di  UI( gelar Jepang UI, event bertemakan Jepang yang dilaksanakan di Universitas Indonesia), lebih tepatnya pada CF 1 dan 2, namun karena memang dari dulu manajemen dan tujuannya sudah berbeda, sejak CF 3, CF mulai berdiri sendiri tanpa bergabung dengan event gelar Jepang UI, dan mulai CF 7 hingga sekarang, untuk pengunjung mulai dikenakan biaya masuk. 

di event ini, banyak sekali creator yang berasal dari Indonesia membuat hasil karya mereka seperti poster, post card, sticker, key chain, dan lain-lain, lalu hasil karya mereka tersebut mereka jual di event ini. 

 

Pengunjungnya pun juga sangat banyak, bahkan saking banyaknya pengunjung sampai membuat jalannya sempit dan sangat sesak untuk di lewati.

Tidak hanya market, di event ini pun juga ada beberapa acara di main stage, seperti talk show Bersama vtuber, diskusi panel seperti membahas fandom dan budaya, bahkan sampai performance seperti penyanyi local dan DJ local, bahkan ada juga beberapa performance yang berasal dari luar Indonesia.

Nah, bagaimana, apakah kamu sudah pernah datang ke comifuro?.Pemisah Halaman 

sumber: 

https://blog.ciayo.com/news/comiket-92-ajang-bertemunya-para-cosplayer-jepang/  

https://comifuro.net/comifuro/comifuro-frequently-asked-question/  

https://blog.ciayo.com/news/comic-frontier-comiket-ala-indonesia/  

 

Aldyanto Nugrahatama