VIRTUAL YOUTUBER INDONESIA, FENOMENA VTUBER SUDAH MULAI MENYEBAR SAMPAI KE INDONESIA?

Youtube termasuk salah satu sarana untuk melihat video kreasi,orang yang biasa membuat video kreasi buatan mereka di youtube, biasa disebut dengan sebutan youtuber, banyak sekali fenomena youtuber dengan menggunakan karakter animasi, atau biasa disebut dengan sebutan virtual youtuber,  yap para youtuber ini tidak maenggunakan dunia nyata dalam video videonya melaikan memfokuskan pada dunia virtual.  

Vtuber biasanya diproduksi melalui sistem VR, yang menggunakan baju bersensor dan menangkap gerakan manusianya. Bayangkan sebagai boneka dan pengontrolnya. Selain itu juga, ada yang menggunakan sistem lebih simpel yang hanya menggunakan face recognition.  

fenomena virtual youtuber ini memang sudah sangat terkenal di Jepang beberapa tahun belakangan ini, tidak lama juga pada tahun 2018, fenomena virtual youtuber ini mulai masuk ke indonesia,  vtuber pertama kali yang debut sebagai vtuber di indonesia adalah maya putri.

 

 

Maya putri debut sebagai vtuber indonesia pada bulan Agustus 2018, sejak maya putri memulai karir nya sebagai vtuber, dia sudah banyak sekali menarik banyak perhatian para penggemar vtuber, bahkan dia sudah sering menjadi bintang tamu di event-event besar jepang di indonesia, seperti AFAID dan Creator Super Fest. Maya Putri, Sesuai yang ditulis dalam websitenya, ia merupakan virtual youtuber yang memiliki mimpi menjadi penyanyi dan untuk menggapai mimpi itu iya melakukan cover lagu, video game, dan membuat video Q&A yang ia unggah ke youtubenya. Tidak hanya itu, Pada Mei 2019, ia berhasil merilis lagu asli pertama “Nada Nada Cinta” yang dirilis setiap toko musik. 

Akhir akhir ini perusahaan virtual liver dari jepang “ichikara” memulai projek “NIJISANJI ID” yang bertujuan untuk menglobalkan franchise NIJISANJI. Generasi Pertama NIJISANJI ID memulai debutnya pada bulan September 2019 yang terdiri dari: Hana Machhia, ZEA Cornelia, dan Taka Radjiman. Walaupun baru saja debut grup ini sudah berhasil mendapat undangan pada Creators Super Fest 2019. Ditambah lagi saat event itu juga di umumkan mulainya audisi Generasi Kedua Nijisanji yang akan memulai debutnya pada Desember 2019.  

Berikut beberapa member yang sedang naik daun: 

Hana Macchia: Dalam profil karakternya ia merupaka mahisiswi desain yang debut untuk membuat safe space untuk orang agar merasa nyaman, terhibur, dan merasa tidak sendiri. Walaupun dalam profilnya ditulis seperti itu, didalam grup NIJISANJI ID yang terdiri dari 7 orang ini hanya hana yang tidak mendapatkan “pairing” yang membuatnya terkesan jomblo. Dalam videonya Hana menggunakan 3 Bahasa. Bahasa Indonesia, Bahasa Jepang, dan Bahasa Inggris. Ia pun terkadang membuka ruang berbincang dalam Bahasa Jepang di Youtubenya. 

 

Source: 

https://www.youtube.com/watch?v=N6hjs2TdJ94&feature=youtu.be  

 https://www.youtube.com/channel/UCyZoDBhW8cLrzZ-dqKdQqEg/about 

https://www.youtube.com/channel/UCtYOdSwZGu6yOqHrYMCRBcg/about  

https://www.youtube.com/channel/UCSjLLQIcnRkrJsza-C8mDbw/about  

https://www.risamedia.com/ipo-chan-satu-lagi-virtual-youtuber-dari-indonesia/ 

https://www.kompas.com/tren/read/2019/10/05/153200865/mengenal-mintchan-virtual-youtuber-buatan-animator-indonesia?page=all  

http://maya-putri.com/ 

https://shintavr.com/id/news/index/1840/Maya-Putri-merilis-lagu-asli-pertama–Nada-Nada-Cinta- 

https://prtimes.jp/main/html/rd/p/000000100.000030865.html 

https://nijisanji.ichikara.co.jp/member/hana-macchia/ 

https://twitter.com/Hana_Macchia 

https://influencerlab.jp/who-is-vtuber/?fbclid=IwAR2MWX8dk0AqnjB9VZLWqvVGeYo4FE96BeN0XU-toZsy6b2Hz8fzJwpwYxk  

Aldyanto Nugrahatama