Purikura, photo Booth Jepang

Purikura adalah photo booth yang sangat terkenal di Jepang, Purikura merupakan singkatan dari purinto kurabu(プリントクラブ) atau dalam bahasa inggrisnya adalah print clubs, purikura ini pertama kali diperkenalkan oleh SEGA dan ATLUS di Jepang pada Juli 1995 , pada photo booth purikura ini kamu dapat membuat hasil foto yang lucu dan menarik baik sendiri ataupun dilakukan dengan teman.

 

bagaimana cara kerja purikura ini?

 

pertama-tama kalian harus memasukan uang (yen) sesuai dengan jumlah yang tertera pada mesin, terdapat beberapa jenis mesin purikura yang ada, mulai dari yang hanya diperuntukan untuk 2 orang, sampai 6 orang dalam satu ruangan, setelah memasukan uang (yen)  yang tertera, harga sekali melakukan foto pada purikura ini sekitar 400 yen ( 55ribu rupiah),  selanjutnya setelah kalian sudah memasukan uang tersebut ke mesinnya adalah kalian mengambil foto  di dalam ruang photo booth tersebut.

setelah kamu sudah selesai mengambil foto, bagian ini adalah bagian yang paling menarik dari purikura, yaitu bagian mengedit hasil foto, kamu bisa menggunakan filter-filter lucu dan juga stiker stiker yang menggemaskan di foto kalian, seperti stiker kucing, hati, dan yang lainnya.

kalau sudah selesai mengedit kamu dapat mencetak hasil foto yang telah kalian edit, selain itu kalian juga dapat menyimpannya di smartphone kalian, banyak sekali purikura di Jepang yang memiliki fitur connect ke smartphone sehingga kalian dapat langsung menyimpan hasil foto dari purikura tersebut ke smartphone kalian.

Purikura ini tersebar di seluruh Jepang, bahkan sekarang Purikura pun sudah banyak tersebar di seluruh dunia.

Tetapi era smart phone canggih jaman sekarang hampir membunuh purikura, dimana smart phone jaman sekarang memiliki kamera yang sangat bagus, serta sekarang banyak sekali applikasi yang memiliki filter lucu seperti purikura ini dan dapat didownload secara gratis, karena fitur edit pada purikura hanya begitu saja, namun seiring berjalannya jaman banyak sekali update fitur pada purikura ini, seperti Teknologi pengenalan wajah yang diluncurkan dalam 2003 memungkinkan fitur edit foto mengubah bentuk wajah, terutama bagian mata yang amat digemari sebagian besar kaum wanita di Jepang.

 

nah, apa kalian sudah pernah mencoba menggunakan photo booth purikura ini? akan menjadi pengalaman yang sangat menarik jika kalian pernah foto menggunakan photo booth purikura ini lho

 

 

sumber:

https://www.christineabroad.com/purikura/

https://www.tofugu.com/japan/purikura/

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20200730115449-269-530571/purikura-studio-foto-nostalgia-yang-tak-lekang-oleh-selfie

 

Aldyanto Nugrahatama