Arashi, “Badai” Asal Jepang yang Berhasil Mendominasi Industri Musik

Apa yang terlintas di pikiran minasan ketika mendengar kata Arashi? Bagi mereka yang mempelajari bahasa Jepang, kata ini memiliki arti berupa badai. Namun bagi para penggemar musik Jepang, Arashi merupakan legenda yang terkenal hingga lintas generasi.

Grup musik yang dibentuk pada 15 September 1999 ini beranggotakan lima laki-laki tampan yang berbakat, yaitu Satoshi Ohno, Sho Sakurai, Masaki Aiba, Kazunari Ninomiya, dan Jun Matsumoto. Di masa awal debut mereka, Arashi mengeluarkan single perdana yang berjudul A・RA・SHI di bawah naungan agensi Johnny & Associates Inc. Single ini diangkat menjadi lagu resmi Piala Dunia Bola Voli ke-8, yang pada kala itu diselenggarakan di Jepang.

Seiring berjalannya waktu, lagu-lagu yang dirilis oleh Arashi mulai digunakan di berbagai serial televisi Jepang dan serial anime keluaran awal tahun 2000-an. Meskipun begitu, perjalanan ini bukanlah suatu hal yang mudah. Di tahun 2006, Arashi sempat mengadakan tur ke berbagai negara di Asia, di antaranya adalah Taiwan dan Korea Selatan. Arashi mulai mengalami sukses besar ketika lagu mereka yang berjudul “Love So Sweet” digunakan sebagai lagu pembuka drama Hana Yori Dango 2, sampai-sampai lagu tersebut berhasil masuk ke dalam daftar lima single paling laris di Jepang pada tahun 2007. Dua tahun kemudian, album mereka yang berjudul “All the Best! 1999-2009” berhasil terjual sebanyak satu juta kopi dalam kurun waktu 13 hari saja. Tak hanya itu, di akhir tahun mereka juga mendapatkan kesempatan untuk tampil di acara NHK Kohaku Uta Gassen yang ke-60. Tentu ini menjadi sebuah pencapaian besar di dalam karir Arashi.

Kesuksesan Arashi terus mengalami peningkatan, sampai akhirnya di tahun 2016, mereka secara resmi dinobatkan sebagai grup musik nomor satu di Jepang dari segi prestasi maupun kepopuleran. Sebutan ini merupakan suatu hal yang tepat bagi Arashi, meningat konser-konser yang mereka selalu penuh akan puluhan ribu penggemar setia mereka dari berbagai usia. Di tahun 2017, Arashi kembali mengeluarkan album bertajuk Untitled. Album ini berhasil menduduki peringkat teratas tangga lagu Oricon dan Billboard Japan, dengan jumlah penjualan lebih dari 750.000 kopi.

Sayangnya, Arashi telah mengumumkan bahwa mereka mengadakan hiatus di tahun 2021 sampai dengan waktu yang tidak ditentukan. Berdasarkan keterangan dari Sho Sakurai pada Oktober 2020, hiatus ini telah dipikirkan sejak lama dan dilakukan karena setiap anggota memiliki kehidupan mereka sendiri di luar peran mereka sebagai seorang entertainer. Meskipun begitu, anggota-anggota Arashi kecuali Satoshi Ohno akan terus melanjutkan aktivitas mereka masing-masing di dunia hiburan.

21 tahun berkarya di dunia hiburan bukanlah waktu yang singkat. Sama seperti namanya, ibarat angin badai yang berhembus kencang, Arashi berhasil meraih kepopuleran yang pesat dalam kurun waktu kurang dari satu dekade, dan popularitas itu pun kian meningkat seiring berjalannya waktu. Para penggemar setia Arashi di berbagai belahan dunia tentu akan sabar menunggu kembalinya Arashi dari hiatus mereka suatu hari nanti.