Haneda Wedding Party

Minna san, pada masa pandemi saat ini banyak hal yang terpaksa melakukan perubahan secara besar – besaran. Seperti yang dilakukan oleh Bandar Udara International Tokyo di Jepang. Yang dikenal dan populer dengan nama bandara Haneda. Bandar Udara yang terletak di distrik Otta, kota Tokyo. Bandara ini melakukan sebuah inovasi baru yaitu mengadakan acara resepsi pernikahan di dalam pesawat. Dalam pelaksanaan, acara ini menggunakan pesawat boeing「777-300ER」untuk tempat ikatan janji berlangsung dan sebuah pintu terminal sebagai tempat untuk “bridal bridge”.

 

Inovasi ini muncul karena adanya desakan dari pandemi Covid-19, yaitu menurunnya jumlah penerbangan ke luar Jepang. Karena adanya penurunan ini menyebabkan banyak pesawat dan terminal yang berhenti untuk sementara waktu. Bandara Haneda melakukan inovasi baru untuk menghadapi masalah tersebut. Yaitu dengan “SKY WEDDING HANEDA” yang memungkinkan pernikahan dengan pemandangan bandara Haneda yang terkenal dan elegan. Paket pernikahan disediakan oleh ANA dengan nama THE WEDDING with ANA. ANA juga menyediakan banyak jenis paket pernikahan dengan nuansa khas bandara Haneda.

 

Untuk pertama kalinya pada tanggal 23 Mei 2021 Minggu lalu diadakan acara pernikahan di bandara Haneda. Pasangan yang menikah adalah tuan Murakami dan nyonya Asami. Pernikahan ini berjalan dengan lancar dengan urutan acara yang cukup menarik, yaitu

Tamu yang datang harus melakukan check in undangan di conter terminal 2 layaknya ingin terbang, Undangan yang digunakan adalah berupa tiket penerbangan dengan kode penerbangan NH8888 dan tujuan Milan, Italia. Angka 8888 dipilih karena dipercaya merupakan angka keberuntungan, juga Milan adalah tempat dimana konsep “Bride june” muncul untuk pertama kalinya.

  • Setelah melakukan check in, para tamu dipersilahkan menuju ruang tunggu bandara untuk menunggu jam pernikahan dengan santai. Para tamu juga diberikan minuman khas ANA yaitu cocktail bluebird non-alcohol.
  • Saat waktu yang ditentukan pasangan pengantin akan menuju pintu pemberangkatan untuk masuk ke dalam pesawat. Pasangan pengantin akan menggunakan mobil bandara diikuti para tamu undangan dari belakang.
  • Waktu pemberkatan dilakukan di dalam pesawat. Dengan yang memberikan berkat dan saksi adalah para pekerja, yaitu pilot dan pramugari. Sedangkan para tamu duduk di kursi business dan first class.

 

 

Untuk paket pernikahannya THE WEDDING with ANA ditarif dengan harga ¥1 .555.000,00 hanya untuk pemberkatannya dan tambahan ¥3.000.000,00 untuk pesta makan setelah pemberkatan. Paket pernikahan Haneda ini hanya dapat melaksanakan pernikahan 1 pasangan satu hari.  Untuk sampai saat ini sudah ada 7 pasangan yang memesan hingga tanggal 17 Mei 2021. Jasa pernikahan ini juga mempunyai batas waktu sampai akhir Mei.

 

Sumber:

https://www.gqjapan.jp/lifestyle/article/20210524-the-wedding-with-ana

https://www.aviationwire.jp/archives/226994

https://haneda-sky.com/