Oshizushi, Varian Sushi yang Pastinya Oishii!

Siapa yang tidak kenal sushi? Ya, makanan asal Jepang yang terbuat dari nasi, ikan mentah, dan rumput laut ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga banyak orang. Sushi yang dikenal oleh orang-orang pada umumnya adalah nigiri sushi. Namun, apakah minasan tahu bahwa terdapat variasi-variasi lain dari sushi? Salah satunya adalah oshizushi, alias ‘sushi tekan’.

Beberapa prefektur di Jepang memiliki variasi oshizushi mereka masing-masing. Di prefektur Yamaguchi terdapat Iwakunizushi, oshizushi berukuran sangat besar yang bentuknya menyerupai kue dan terdiri dari nasi sushi, akar teratai, ikan yang ditumbuk lalu dibumbui, udang, serta telur. Karena bahan dasar yang digunakan, Iwakuni zushi dianggap sebagai sushi yang ‘mewah’. Kemudian ada juga Kakuzushi, oshizushi yang populer di prefektur Hiroshima. Kakuzushi terbuat dari jamur shiitake rebus, cuka acar ikan makarel, kerang asari rebus, irisan telur orak-arik, dan bahan-bahan lainnya. Oshizushi yang satu ini umumnya disantap dalam perayaan secara berkelompok, namun sering juga dijadikan menu bekal oleh orang-orang prefektur Hiroshima. Contoh terakhir adalah Battera asal prefektur Osaka. Sushi yang satu ini terbuat dari ikan makarel asli prefektur Osaka dan rumput laut konbu. Uniknya, nama ‘Battera’ diambil dari kata dalam bahasa Portugis ‘bateira’ yang berarti perahu kecil.

Terlepas dari variasi sushi yang dimakan, sushi telah terbukti memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh. Mengonsumsi sushi dapat meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, mencegah kanker, menyeimbangkan hormon, dan mencegah penyumbatan arteri ke jantung. Selain rasanya yang enak, manfaatnya pun juga tidak main-main ya minasan!

Sumber Penulisan:

https://www.themanual.com/culture/arashi-jpop-most-popular-band-in-world/

https://mainichi.jp/english/articles/20201230/p2a/00m/0na/004000c

https://www.kompas.com/hype/read/2021/01/02/155615466/grup-idola-asal-jepang-arashi-resmi-hiatus-tahun-ini

 

Perbedaan dari nigiri sushi dan oshizushi terdapat di cara pembuatannya. Nigiri sushi dibuat dengan cara mengambil nasi seukuran telapak tangan, lalu dibentuk sampai menjadi lonjong dan dilapisi sepotong ikan mentah tipis. Sementara oshizushi dibuat dengan cara meletakkan nasi dan berbagai topping sushi ke dalam sebuah cetakan dan ditekan hingga menjadi tumpukan sushi yang rapat.

Adyatama Rama