Cide Kode Benteng 2023

Kami ucapkan selamat kepada Fucie (@fciendahs) Binusian 22 yang telah memenangkan Cide Benteng Favorit 2023.

Cide Kode Benteng merupakan sebuah komunitas anak muda yang fokus pada kelestarian kebudayaan Cina Benteng yang ada di kota Tangerang. Bermula dari ajang pemilihan duta kebudayaan di acara ulang tahun (Sejit) Y.M.S Kongco Hok Tek Tjeng Sin pada tahun 2013 di Vihara Nimmala atau lebih dikenal dengan Kelenteng Boen San Bio yang merupakan salah satu Kelenteng tertua di Kota Tangerang. Sempat vacuum, Cide Kode Benteng mulai aktif kembali di tahun 2018, dan mulai membentuk kembali sebuah wadah yang lebih dari sebuah kontes pemilihan duta budaya, melainkan sebuah komunitas kepemudaan yang bergerak untuk melestarikan nilai budaya, kemanusiaan, dan nasionalisme.
Mulai tahun 2023 Cide Kode Benteng menjadi komunitas kebudayaan yang independen, Cide Kode Benteng selalu melakukan kegiatan sosialisasi, edukasi, dan promosi Kebudayaan Cina Benteng melalui seminar, workshop, konten-konten menarik di media digital dan lain sebagainya.

Komunitas ini ada karena banyak orang muda yang menyadari kemajuan teknologi serta globalisasi semakin menggerus kebudayaan sehingga kebudayaan itu sendiri perlahan hilang, padahal budaya adalah identitas diri tiap individu yang harus dilestarikan dan dijaga keunikannya. Pemilihan Cide Kode Benteng dilaksanakan setiap 1 tahun sekali, dan siapapun boleh mengikuti pemilihan ini tanpa dibatasi oleh SARA sebab yang paling utama adalah seseorang mau belajar dan bertumbuh dalam kebudayaan Cina Benteng.

Cide Kode Benteng mempunyai visi agar seluruh generasi muda tetap memegang nilai Budaya Cina Benteng yang merupakan hasil akulturasi kebudayaan Indonesia (Betawi dan Sunda) dengan Tionghoa, tanpa melupakan nilai nasionalisme dan humanisme sehingga tradisi dan kebudayaan Cina Benteng dapat terus berkembang selaras dengan kemajuan zaman dan juga kemajuan bangsa Indonesia.

#CideKodeBenteng2023
#GirangJasaKitaMah
#WonderfulColorsofCinaBenteng
#Binus #sastrajepang_binus #binanusantara

RMP