Program Wakayama ASEAN Project from Japan (10 – 17 Maret 2024)

 

Apa itu Program WAP?

WAP adalah singkatan dari Wakayama ASEAN Project, ini merupakan program kolaborasi antara Universitas Wakayama dan BINUS dengan sponsor dari Teach For Indonesia. Kegiatan ini dilaksanakan bersama dengan organisasi bernamakan Nuraga dan Cube. Tujuan dari program ini adalah untuk mengajarkan dan memberikan pengetahuan baru terkait dengan teknologi dan budaya Jepang untuk sekolah di Bantar Gebang. Sebelumnya kita lakukan meeting atau briefing online dengan mahasiswa/i Universitas Wakayama untuk persiapan dan perencanaan nanti di Bantar Gebang. WAP dilakukan secara online dan offline. Kita juga lakukan simulasi dengan matang agar nanti bisa berjalan dengan lancar.

 

Apa Itu Nuraga dan Cube?

Nuraga merupakan nama organisasi yang berisikan mahasiswa/i dari Universitas Binus, mahasiswa/i prodi sastra Jepang yang ikut andil dalam proses persiapan secara online selama lima bulan dengan mengadakan pertemuan dengan anggota Cube.

Cube merupakan nama organisasi yang berisikan mahasiswa/i dari Universitas Wakayama. Adanya sedikit perbedaan yaitu, Cube merupakan kegiatan club berbeda dengan Nuraga yang merupakan bagian dari program.

 

Tujuan dilaksanakannya Wakayama ASEAN Project

Sosialisasi ini dilakukan di sekolah, Alam Tunas Mulia, Bekasi. Inisiatif ini bertujuan untuk mempromosikan akses anak-anak ke pendidikan dan informasi, memastikan kesejahteraan mereka dan partisipasi dalam pengembangan masyarakat.

 

Kegiatan yang Kita Lakukan

Program diawali dengan pertemuan online dengan menggunakan platform konferensi online. Pertemuan ini dilaksanakan selama lima bulan, pembahasan yang sering didiskusikan seperti; tema yang ingin dibawakan, pengetahuan yang berguna untuk anak-anak di Bantar gebang, jadwal selama satu minggu anggota Cube ada di Bekasi, dan sebagainya. Setelah persiapan selesai, anggota Nuraga akan menyambut dan menemani anggota Cube yang datang ke Indonesia selama seminggu untuk pergi ke Bantar Gebang

 

Jadwal Kegiatan

Berikut ini merupakan jadwal kegiatan satu minggu anggota Cube bersama Nuraga:

Day 1 [10 Maret 2024] : Menjemput Anggota Cube di Bandara Soekarno Hatta

Day 2 [11 Maret 2024] : Dikarenakan Hari Nyepi tidak ada kegiatan

Day 3 [12 Maret 2024] : Dikarenakan Libur tidak ada kegiatan

Day 4 [13 Maret 2024] : Hari pertama berkunjung ke Sekolah Alam di Bantar Gebang mempresentasikan terkait dengan budaya Jepang

Day 5 [14 Maret 2024] : Hari Kedua kegiatan di Sekolah Alam, tema presentasi hari ini merupakan IT literasi khususnya terkait dengan Chat gpt dan Dall-E

Day 6 [15 Maret 2024] : Hari Ketiga kegiatan di Sekolah Alam, pada hari ini kami melanjutkan presentasi terkait dengan Chat gpt dan Dall-E. Tidak hanya itu kami juga berbuka bersama dengan anak-anak di Bantar Gebang.

Day 7 [16 Maret 2024] : Pada hari ini diadakan kegiatan one day trip yaitu menemani anggota Cube di Jakarta. Kegiatan kebersamaan ini bertujuan sebagai relaksasi.

Day 8 [17 Maret 2024] : Mengantarkan anggota Cube ke Bandara.

 

Hasil Pembelajaran dari Kegiatan Program WAP

Kegiatan ini tidak hanya memberikan pendidikan baru bagi anak-anak di Bantar Gebang, tetapi juga memberikan kesempatan bagi mahasiswa/i dari BINUS dan Universitas Wakayama untuk mengembangkan berbagai keterampilan penting. Mereka belajar hidup berkelompok, meningkatkan kemampuan presentasi, bernegosiasi, dan berbicara di depan umum. Selain itu, mereka juga memperoleh pengalaman dalam persuasi, membaca bahasa tubuh lawan bicara, memimpin, dan menggunakan komunikasi non-verbal. Kegiatan ini juga melatih kemampuan kritis, analitis, dan pengambilan keputusan, serta meningkatkan pemahaman empati emosional. Secara keseluruhan, kegiatan ini tidak hanya memberikan harapan kepada anak-anak yang kurang mampu untuk bermimpi lebih tinggi, tetapi juga mempererat hubungan antara Indonesia dan Jepang.

Video kegiatan:

RMP