Step Up Japan! “Japanese Telephone Etiquette and Client Hospitality in Professional Way”
Hari Sabtu 30 Juli 2016 lalu, Sastra Jepang Binus mengadakan temu alumni yang dikemas dengan cara spesial. Bertempat di Binus Anggrek, acara alumni yang dihadiri 10 peserta ini mengambil tema “Step Up, Japan!” Topik yang dibahas di pertemuan ini ada 2 sesi yang dibawakan oleh Horita Sensei. Pada sesi 1, pembahasan berkutat mengenai cara beretika ketika bertemu dengan klien Jepang. Misalkan, ketika posisi duduk saat rapat, posisi antara tamu dan tuan rumah ketika berada di dalam lift, dan juga cara bertukar kartu nama.
Sedangkan di sesi ke-2, bahasan berkisar mengenai cara beretika di telepon dengan klien Jepang. Orang Jepang cenderung akan mengirimkan e-mail setelah berkomunikasi melalui telepon. Hal ini dimaksudkan supaya apa yang disampaikan di telepon dapat dikonfirmasi kembali dan informasi tersebut tercatat melalui e-mail. Setelah selesai seminar, peserta saling bertukar pengalaman dan memberikan masukan yang positif untuk adik-adik kelas mereka yang dapat disimak melalui video ini. Acara yang berlangsung selama 2 jam ini mendapat tanggapan positif dari para peserta sehingga tidak menutup kemungkinan acara bertajuk serupa akan kembali diadakan di tahun ini.
Salam, Greater Nusantara untuk Alumni Sastra Jepang Binus!